Cara Merawat Rambut Diwarnai Agar Rambut Lebih Sehat

2 min read

Cara Merawat Rambut Diwarnai

Rambut adalah salah satu mahkota kecantikan bagi wanita. Banyak wanita memiliki rambut yang panjang karena merasa lebih feminine dibanding rambut pendek. Selain itu, kebanyakan dari mereka juga mewarnainya agar dapat tampil beda dan lebih menarik. Namun, bagaimana sih cara merawatnya? Berikut akan dijelaskan bagaimana cara merawat rambut diwarnai agar tetap sehat:

Cara Merawat Rambut Diwarnai

cara merawat rambut diwarnai

1. Keramas yang Tepat

Pertama yaitu keramas yang tepat. Maksudnya yaitu tidak melakukan keramas setiap hari, karena keramas tiap hari bisa membuat rambut cenderung  kering. Selain itu, rambut yang diwarnai sebaiknya keramas dengan air dingin. Hal tersebut karena jika memakai air hangat atau panas, maka kutikula rambut dapat terbuka yang menyebabkan kelunturan warna rambut.

Di sisi lain, bisa juga dengan metode keramas lain yaitu dengan co-washing. Metode ini adalah keramas tanpa memakai shampoo. Cukup dengan membilas rambut dengan air lalu menggunakan kondisioner. Tetapi, metode ini tidak boleh sering dilakukan, dan cukup dilakukan dua kali dalam satu minggu saja.

Baca Juga: Awas Jangan Salah Pilih! Berikut Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Sensitif Secara Tepat

2. Menggunakan Shampo dan Kondisioner

Cara yang kedua adalah tentunya keramas menggunakan shampo dan kondisioner. Shampo dan kondisioner disini adalah shampoo dan kondisioner yang dirancang khusus untuk rambut berwarna. Shampo ini biasanya mengandung pigmen yang dapat menjaga warna rambut supaya tidak cepat luntur dan dapat bertahan lama.

Selain itu, diharapkan tidak memakai shampo anti ketombe. Shampo anti ketombe mengandung zinc, selenium sulfide, serta  sulfur, dimana zat tersebut mampu melunturkan warna rambut. Tidak hanya itu, shampoo dengan anti ketombe juga dapat menjadikan tekstur rambut cenderung jadi lebih kering dan sangat sulit diatur.

3. Menggunakan Masker Rambut

Cara merawat rambut diwarnai berikutnya dengan memakai masker rambut. Rambut yang telah diwarnai biasanya cenderung lebih kering. Oleh karena itu, perlu adanya nutrisi tambahan untuk rambut yang habis diwarnai dengan memakai masker khusus rambut baik masker alami ataupun yang sudah tersedia dalam kemasan di pasaran.

Masker rambut yang alami dapat dibuat dengan bahan-bahan yang mudah seperti menggunakan pisang, minyak zaitun, alpukat, yoghurt ataupun madu. Buah pisang dapat digunakan untuk memberi kelembaban rambut yang setelah diwarnai. Begitu juga dengan madu ataupun minyak zaitun yang dapat melembabkan rambut.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Eyelash Agar Awet, Yuk! Ikutan Coba!

4. Menggunakan Serum

Berikutnya menggunakan serum rambut. Rambut yang diwarna atau sering dilakukan hair styling dapat membuat tekstur rambut jadi lebih kering dan gampang sekali rusak. Hal tersebut tentu tidak diinginkan. Oleh sebab itu, gunakanlah serum rambut khusus rambut diwarnai supaya rambut tetap ternutrisi dan tidak mudah cepat rusak.

5. Memotong Ujung Rambut

Ujung rambut yang mulai rusak atau seringkali bercabang dapat mengganggu pertumbuhan rambut. Lalu, tidak dapat mengeluarkan warna rambut juga. Maka, perlu dilakukan pemotongan rambut pada bagian ujungnya cukup sekitar 1 cm saja. Pemotongan rambut atau trimming dapat dilakukan setiap enam sampai delapan minggu sekali saja.

6. Menghindari Bahan Kimia Klorin

Ketika berenang, biasanya air kolam renang tersebut ditambahkan klorin yang berguna sebagai bahan sterilisasi air dari kuman dan mikroorganisme. Namun bagi orang yang suka berenang dan mempunyai rambut berwarna, tentu klorin akan berbahaya untuk rambut yang diwarnai. Klorin mampu merusak rambut jika tidak segera dibilas dengan air biasa.

Nah, untuk menghindari penyerapan klorin yang berlebihan pada rambut, sebelum berenang, bilaslah rambut menggunakan air biasa terlebih dahulu. Setelah berenang pun langsung bilas rambut hingga bersih agar klorin yang tersisa dapat berkurang. Bisa juga memakai penutup kepala supaya rambutnya tidak basah dan tidak mengganggu.

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Zaitun Mustika Ratu Anda Harus Tahu

Begitulah cara merawat rambut diwarnai agar tetap sehat. Memiliki rambut berwarna yang sehat, dapat menambah kepercayaan diri setiap individu. Oleh sebab itu, harus dirawat dengan baik agar rambut tetap dalam keadaan baik dan sehat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.