Cara Merawat Rambut Gondrong Secara Benar Agar Tidak Rusak Serta Mudah Diatur

2 min read

Cara Merawat Rambut Gondrong

Perawatan rambut perlu diperhatikan sesuai jenis rambut. Sebab, perawatan rambut yang tepat dapat mencegah terjadinya masalah rambut. Pada rambut gondrong misalnya, perawatan rambutnya berbeda dengan perawatan rambut yang lebih lebih pendek. Oleh karenanya, pemilik rambut gondrong perlu tahu cara merawat rambut gondrong tersebut. Berikut metode perawatan yang perlu dilakukan, diantaranya:

Cara Merawat Rambut Gondrong

cara merawat rambut gondrong

1. Mengikat Rambut Tidak Terlalu Kencang

Cara merawat rambut gondrong urutan pertama ialah mengikat rambut tidak terlalu kencang. Ketika rambut diikat terlalu kencang akan membuatnya tertarik sehingga menyebabkan adanya kerontokan rambut pada akarnya. Akibatnya, rambut begitu mudah sekali rontok. Apabila kerontokannya terjadi parah malah dapat menimbulkan terjadinya kerusakan folikel rambut.

Kerusakan inilah yang mengakibatkan rambut tidak lagi dapat tumbuh kembali serta dapat berpotensi mengalami kebotakan. Tidak hanya itu, hal tersebut dapat meninggalkan bekas ikatan sebelumnya serta mengakibatkan kepala menjadi pusing akibat ikatan rambut terlalu kencang.

Baca Juga:Cara Memilih BB Cushion Sesuai Warna Kulit dan Jenis Kulit

2. Gunakan Peralatan Rambut Yang Tepat

Cara merawat rambut gondrong urutan kedua ialah gunakan peralatan rambut yang tepat. Penggunaan peralatan rambut disesuaikan dengan jenis rambutnya. Pada rambut gondrong misalnya, peralatan yang tepat seharusnya yakni sisir bergerigi lebar serta ikat rambut bahan kain. Penggunaan sisir bergerigi lebar dapat membuat kerontokan pada rambut tidak begitu banyak.

Alasannya, pada sisir bergerigi rapat membuat rambut gondrong akan mengalami kesulitan ketika menyisir rambutnya. Sebab, bentuk rambut gondrong yang panjang akan menggumpal pada ujung rambutnya ketika memakai sisir tersebut sehingga rambut menjadi rontok. Begitu juga dengan ikat rambut berbahan kain, dapat mencegah terjadinya kemungkinan kerusakan pada rambut dibandingkan ikat rambut berbahan karet gelang.

3. Keramaslah Sesuai Tipe Rambut

Cara merawat rambut gondrong urutan ketiga ialah keramaslah sesuai tipe rambut. Keramas yang dilakukan tanpa menyesuaikan tipe rambut bakal mengakibatkan terjadinya kerusakan rambut. Sebab, setiap tipe rambut memiliki peraturan keramas yang berbeda-beda sesuai tipenya.

Pada tipe rambut berminyak misalnya, keramas yang dilakukan seharusnya minimal 1 atau 2 hari sekali supaya rambutnya tidak lepek. Kemudian juga pada tipe rambut kering, peraturan keramas yang dilakukan seharusnya minimal 2 atau 3 hari sekali. Hal tersebut dapat membuat rambut  dapat memproduksi oil secara alami.

Sebab, ketika keramas dilakukan setiap hari maka akan membuat produksi minyak secara alami pada rambut akan menghilang. Hilangnya produksi minyak alami tersebut dapat mengakibatkan rambut menjadi begitu rusak, patah serta rambutnya terlihat lebih tipis.

Baca Juga:Awas Jangan Salah Pilih! Berikut Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Sensitif Secara Tepat

4.  Gosoklah Rambut Dengan Handuk Tidak Dalam Keadaan Basah

Cara merawat rambut gondrong urutan keempat ialah gosoklah rambut dengan handuk tidak dalam keadaan basah. Ketika rambut digosok dengan handuk pada saat basah, maka rambut akan mengalami kusut, rusak serta dapat menjadi bercabang. Apabila rambut ingin digosok dengan handuk, goyangkanlah rambut supaya air pada rambut setelah keramas hilang.

Berikutnya, gosoklah rambut jangan terlalu begitu kuat namun diusapkan serta diremas secara perlahan supaya tidak menimbulkan permasalahan rambut diatas. Handuk yang dipakai seharusnya berasal dari bahan katun supaya air pada rambut dapat diserap oleh handuk.

5. Perhatikan Nutrisi Rambut

Cara merawat rambut gondrong urutan kelima ialah memperhatikan nutrisi rambut. Nutrisi rambut sangatlah diperlukan supaya rambut dapat terawat dengan sehat. Adapun produk nutrisi rambut yang diperlukan yakni hair vitamin serta conditioner rambut. Kecukupan nutrisi tersebut bukan hanya dipenuhi melalui produk nutrisi rambut.

Namun juga melalui konsumsi makanan serta minuman dengan kandungan nutrisi zinc, omega 3, serta vitamin B. Dengan begitu, rambut gondrong yang dimiliki dapat terjaga kesehatan rambutnya.

Baca Juga:Kegunaan Primer Make Up Bagi Pecinta Make Up

Demikian informasi seputar cara merawat rambut gondrong. Semoga informasi diatas membantu pemilik rambut gondrong menjaga kesehatan rambut supaya terhindar dari permasalahan rambut. Dengan begitu, tampilan rambut menjadi keren sehingga membuat pemilik rambutnya menjadi lebih percaya diri akibat terawatnya rambut tersebut secara benar.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.