Cara Merawat Rambut Ikal Pria Agar Selalu Rapih dan Sehat

1 min read

Cara Merawat Rambut Ikal Pria

Rambut pria tak hanya lurus tapi ada pula yang ikal, cara merawat rambut ikal pria tentu saja berbeda dengan tipe lainnya. Banyak yang menginginkan rambut ikal yang sehat dan rapih tapi tak tahu cara perawatannya, berikut cara – cara yang bisa dilakukan:

Cara Merawat Rambut Ikal Pria

cara merawat rambut ikal pria

Menggunakan Produk yang Alami dan Bebas Alkohol

Penggunaan produk mulai dari sampo, pomade, gel, hair mousse hingga hair spray harus diperhatikan komposisinya. Pilihlah sampo yang alami, membuat rambut tetap sehat karena terhindar dari bahan sulfat yang dapat membuat rambut kaku dan kering.

Pemakaian pomade yang berbahan dasar air dapat membuat rambut mudah diatur namun tetap lembab dan mudah untuk dibersihkan. Alasan dari menghindari penggunaan produk yang beralkohol karena alkohol bisa merusak kondisi rambut dengan menyerap kelembaban sehingga rambut akan kering, mengembang dan sulit untuk diatur.

Baca Juga:Cara Merawat Rambut Gondrong Secara Benar Agar Tidak Rusak Serta Mudah Diatur

Keramas Secara Berkala dan Menggunakan Kondisioner

Jika keramas dilakukan setiap hari maka rambut akan kusut dan bercabang, sebaiknya diberi jarak waktu seperti keramas dilakukan setiap dua hari sekali. Setelah keramas, gunakan kondisioner untuk menjaga rambut agar tetap halus, kulit kepala tetap lembab dan menghindari adanya ketombe. Penggunaan kondisioner bisa dilakukan setiap hari tanpa keramas.

Sebelum keramas juga bisa memakai minyak zaitun, dioleskan pada rambut selama beberapa menit atau setengah jam dan bilas atau keramas. Minyak zaitun berfungsi untuk mempertahankan kelembaban dan mempermudah dalam mengatur rambut.

Menggunakan Sisir yang Tepat dan Tidak Menggunakan Hair Dryer Setelah Keramas

Sebenarnya rambut ikal cukup dirapihkan dengan tangan, tapi bila ada acara formal bisa gunakan sisir untuk merapihkannya. Sisir yang tepat ialah sisir bergerigi jarang. Jika menggunakan sisir bergerigi rapat maka rambut yang ikal akan kusut dan rontok. Saat menyisir juga akan sakit karena rambut bisa saja tersangkut pada sisir.

Tidak menggunakan hair dryer setelah keramas termasuk cara untuk menjaga rambut agar tetap sehat. Udara panas dari hair dryer bisa membuat rambut kaku, kering dan sulit ditata. Jika terpaksa maka tambahkan diffuser untuk menyebarkan udara panas yang dikeluarkan.

Baca Juga:Ini Dia 5 Brand Fashion Indonesia yang Mendunia!

Menggunakan Sea Salt Spray untuk Merapihkan Rambut

Sea salt spray memiliki kandungan sari garam yang dapat menyerap minyak pada rambut. Penyerapan minyak tersebut dapat membuat rambut lembab, hasilnya akan lebih mudah untuk diatur dan rambut menjadi rapih. Karena dari bahan alami, rambut akan tetap sehat.

Menggunakan sea salt spray juga dapat membuat rambut tampak tebal dan bercahaya. Keuntungan lainnya dari penggunaannya ialah praktis, karena pengaplikasiannya hanya disemprotkan pada rambut dan setelah itu tak perlu dibilas.

Memilih Gaya Rambut yang Rapih

Memperhatikan gaya rambut juga merupakan cara merawat rambut ikal pada pria, karena dengan gaya rambut yang sesuai perawatan akan lebih mudah. Diusahakan memilih gaya rambut dengan potongan pendek, jika ingin gaya rambut yang panjang maka maksimal panjang rambut sampai pundak. Untuk pemotongan bisa konsultasikan pada tukang cukur atau salon dalam menentukan model yang sesuai dengan wajah.

Dengan gaya rambut yang pendek dapat mempermudah perawatan rambut karena pengaplikasian produk bisa dilakukan secara merata, sehingga manfaat dari produk bisa maksimal untuk rambut. Keuntungan lainnya dapat mempercepat pengeringan rambut setelah keramas.

Baca Juga:Cara Merawat Rambut Diwarnai Agar Rambut Lebih Sehat

Itu tadi cara merawat rambut ikal pria, untuk perawatannya bisa dilakukan secara rutin dan sabar. Hasilnya rambut ikal akan rapih dan sehat seperti yang diinginkan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal bisa lakukan treatment ke salon.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.