5 Cara Merawat Tas Agar Tidak Berjamur dan Tetap Awet Seperti Baru

1 min read

Cara Merawat Tas Agar Tidak Berjamur

Memiliki tas dari brand ternama menjadi kepuasan tersendiri. Harganya yang fantastis pun menjadi ajang unjuk gengsi. Namun beberapa orang menyimpan tas tersebut sebagai pajangan alih-alih menggunakannya di keseharian. Hal tersebut dilakukan lantaran harganya yang mahal dan menyimpan tas dianggap sebagai cara merawat tas agar tidak berjamur. Padahal, menyimpan tas dalam waktu lama justru dapat mempercepat rusaknya tas.

Sebenarnya, tidak diperlukan lagi merogoh kocek lebih dalam untuk merawat tas idaman. Harga yang fantastis tidak lantas membuat bahan tas idaman menjadi lebih kebal dan anti jamur. Merawat tas dapat dilakukan sendiri dengan cara yang mudah dan murah. Tidak diperlukan tenaga ahli atau waktu tertentu untuk menjaga kualitas tas tetap bagus seperti baru. Yang diperlukan hanyalah melakukannya secara rutin. Berikut lima cara merawat tas agar tidak berjamur dan tetap awet seperti baru:

Cara Merawat Tas Agar Tidak Berjamur

cara merawat tas agar tidak berjamur

1. Rutin Membersihkan Isi Tas

Seringkali makanan atau kemasan berisi cairan yang mudah tumpah tak luput dimasukkan ke dalam tas. Padahal, bungkus dan sisa – sisa makanan yang tertinggal dapat berkembang menjadi jamur apabila tidak segera dibersihkan. Rajin mengeluarkan isi tas dan membersihkan bagian dalamnya perlu dilakukan secara rutin agar tas tidak berjamur. Selain itu, hindari tas terkena tumpahan air atau cairan lain. Jika tas basah, gunakan lap bersih untuk mengeringkannya.

Baca Juga:Rekomendasi Make Up Di Bawah 50k Untuk Remaja

2. Menjaga Tempat Tas Tetap Kering dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Menjaga lemari penyimpanan tas tetap kering merupakan salah satu dari sekian cara efektif untuk merawat tas agar tidak berjamur dan tetap awet seperti baru. Sementara adanya sirkulasi udara yang baik juga membantu menjaga kelembaban tas agar tidak cepat mengelupas dan berjamur. Sebelum diletakkan di penyimpanannya, bungkus tas dalam kantong penyimpanan (dustbag) dengan ikatan yang longgar terlebih dahulu. Hindari tempat penyimpanan berbahan kayu untuk mencegah tumbuhnya hewan-hewan dan jamur.

3. Hindari Menumpuk Tas

Letakkan tas dengan posisi berdiri dalam tempat penyimpanannya. Menumpuk tas dapat merusak permukaan kulitnya dan menyebabkan bakteri-bakteri pemicu jamur tumbuh. Selain menambah kelembaban, tas yang saling bertumpukan juga dapat menularkan jamur dari satu tas ke tas lainnya. Beri jeda antar tas di tempat penyimpanan sehingga tas tidak berjamur dan bentuk tas tetap terjaga seperti baru.

Baca Juga:Efek Samping Scarlett Whitening yang Palsu

4. Rutin Mengeluarkan Tas dari Tempat Penyimpanan

Ruangan dan tempat penyimpanan yang tertutup dapat menyebabkan tas menjadi lembab dan menimbulkan bercak-bercak jamur bertumbuh. Keluarkan tas dari tempat penyimpanannya seminggu sekali untuk dipakai atau sekadar untuk diangin-anginkan. Selain untuk menjaga kelembaban bahan tas, pastikan untuk membersihkan tas dari debu-debu yang juga dapat memicu tumbuhnya jamur.

5. Lapisi Tas dengan Lotion Anti Jamur

Banyaknya jumlah tas di pasaran juga menambah banyak varian produk perawatan tas. Salah satunya adalah lotion anti jamur. Pakai lotion anti jamur dengan mengusapkannya secara perlahan pada permukaan kulit tas yang kering dan bersih. Setelah kering dan meresap, tunggu beberapa waktu sebelum disimpan kembali di tempat penyimpanannya. Voila! Tas menjadi tidak rentan akan jamur dan kilapnya pun seperti baru.

Baca Juga:5 Efek Samping Serum Hanasui, Hasilnya Mengejutkan!

Mudah, bukan? Merawat tas tidak memerlukan tambahan biaya yang lebih mahal lagi. Dengan harga yang fantastis sudah selayaknya untuk si pemilik memberi perhatian lebih dengan melakukan cara di atas dan lakukan secara rutin. Bukan hanya budget fantastis, tapi perhatian akan cara merawat tas agar tidak berjamur juga perlu dipersiapkan sebelum membeli tas idaman!

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.