Kegunaan Primer Make Up Bagi Pecinta Make Up

1 min read

Kegunaan Primer Make Up

Para wanita kebanyakan selalu menggunakan make up pada saat-saat tertentu yang khusus. Make up digunakan para wanita yaitu untuk membuat penampilannya lebih cantik dan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Beberapa kosmetik yang umumnya digunakan yaitu foundation, bedak, lipstik, pensil alis, dan salah satunya primer.

Berikut merupakan kegunaan primer make up bagi para pecinta make up:

Kegunaan Primer Make Up

Kegunaan Primer Make Up

1. Sebagai Dasar Make Up

Fungsi primer pertama yaitu sebagai dasar make up. Penggunaan primer di awal sebelum berias yaitu sebagai alas atau dasar, lalu berfungsi juga untuk menyiapkan wajah ketika akan berias. Kemudian, primer juga dapat membuat make up yang akan diaplikasikan lebih dapat menempel pada kulit dan menyesuaikan dengan warna kulit.

Primer juga berguna membantu wajah lebih siap untuk menampung olesan-olesan produk lainnya semacam foundation, concealer, bedak dan yang lainnya. Jenis primer juga banyak dan bisa disesuaikan dengan jenis kulit penggunanya. Tidak hanya itu, merk dan harganya juga sudah bervariasi.

Baca juga:

2. Menutupi Garis Halus, Pori-Pori dan Jerawat

Kegunaan primer make up yang kedua adalah untuk menutupi garis halus, pori-pori dan juga jerawat bahkan bekasnya. Primer memiliki tekstur yang mirip dengan foundation, lalu primer pun mampu menutupi kekurangan tersebut sampai benar-benar nampak tak terlihat. Namun, penggunaannya perlu diperhatikan agar tepat saat pengaplikasiannya.

Setelah menggunakan primer, pengguna juga dapat langsung menggunakan foundation. Penggunaan foundation juga dapat lebih menutupi kekurangan-kekurangan pada wajah. Tetapi, tetap primer adalah produk yang digunakan lebih dulu sebelum foundation.

3. Melembabkan dan Melembutkan Kulit

Selanjutnya yaitu primer dapat melembabkan dan melembutkan kulit. Meskipun fungsi utamanya bukan melembabkan, tetapi kandungannya dapat membantu kulit wajah lebih lembab ketika mengaplikasikan primer pada wajah. Sebagian besar kandungannya yaitu hyaluronic acid, dimana hyaluronic acid berfungsi juga dalam melembabkan.

Tidak hanya melembabkan, tapi juga melembutkan kulit. Tekstur kulit yang tidak merata dapat diatasi dengan penggunaan primer. Penggunaan primer dapat membuat tampilan wajah lebih flawless dan nampak lebih lembut dari biasanya. Dengan begitu, tampilan wajah pengguna dapat terlihat lebih muda dan lebih kencang.

4. Meratakan Warna Kulit

Primer juga berfungsi dalam meratakan warna kulit. Pengguna dapat memilih warna atau shade yang sesuai dengan warna kulit supaya ketika digunakan tidak terlalu terlihat kontras. Dengan begitu, bisa membantu dalam meratakan warna kulit di daerah yang belang atau warna kulit tidak merata.

5. Membuat Make Up Tahan Lama

Primer diformulasikan agar membuat riasan pada wajah dapat menempel pada kulit dan bertahan lebih lama, sehingga pengguna tidak perlu sering touch up lagi. Hal tersebut karena kandungan pada primer yang bisa membantu menutupi pori-pori, menyamarkan garis halus, serta menahan produksi minyak yang berlebih sehingga dapat bertahan lebih lama.

Untuk mendukung penggunaan primer dalam membuat make up yang lebih tahan lama, pengguna juga dapat mengaplikasikan foundation yang waterproof. Produk waterproof dapat membuat riasan wajah lebih tahan lama dan karena tidak mudah luntur saat terkena air. Pilihlah primer wajah yang sesuai dengan kebutuhan kulit maupun budget.

Baca juga: Yuk Kenali Fungsi Kuas Make Up Isi 12 Tabung

Kegunaan primer make up yang disebutkan diatas menjadi hal utama yang menjadikan primer make up sebagai salah satu benda wajib yang dipakai oleh wanita ketika berias. Selain itu, pilihan shade-nya yang banyak dan dapat menyesuaikan dengan warna kulit. Tidak hanya itu, primer juga dirasa lebih ringan ketika digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.