4 Hal Dasar Perbedaan Behel Fashion dan Perawatan

2 min read

Perbedaan Behel Fashion Dan Perawatan

Menurut wikipedia, behel merupakan suatu alat yang dipakai untuk menata gigi menjadi rapi. Bagi para pengguna behel wajib menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dari sisa makanan supaya tidak membentuk karang gigi. Jenis behel ada dua, behel yang berfungsi untuk perawatan gigi dan ada behel yang hanya bertujuan sebagai fashion saja. Adapun hal dasar perbedaan behel fashion dan perawatan harus pengguna ataupun calon pengguna pahami. Berikut pembahasannya:

Perbedaan Behel Fashion Dan Perawatan

 perbedaan behel fashion dan perawatan perbedaan behel fashion dan perawatan

 

1. Cara Pemasangan Behel

Behel gigi terdiri dari bracket logam yang ditempelkan pada gigi lalu diikatkan dengan kawat panjang juga karet-karet khusus yang berwarna ataupun transparan. Cara memasang bracket adalah dengan menggunakan lem, lalu direkatkan di gigi yang telah dibersihkan. Setelah itu barulah pemasangan kawat yang akan berfungsi menekan gigi dan membentuk gigi yang rapi seiring berjalannya waktu.

Proses pemasangan behel tidak bisa hanya dengan cara manual saja, melainkan juga menggunakan laser. Hal ini ditujukan guna lem yang digunakan menempelkan bracket akan menjadi keras dan behel pun tidak akan mudah terlepas. Pemasangan ini membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit setiap pemasangannya. Sedangkan untuk behel fashion, karena behel ini tidak bertujuan untuk merapikan gigi maka tidak membutuhkan penekanan dalam memasangnya.

Baca Juga : Sabun Tzuki Apakah Aman? Cek Disini Pembahasannya

2. Tampilan Behel

Perbedaan behel fashion dan perawatan dapat dilihat dari tampilannya. Berdasarkan jenisnya, behel atau kawat gigi terbagi menjadi beberapa bentuk: Kawat gigi metal, merupakan behel kawat berbahan metal anti karat, dan karet dengan banyak warna. Kawat gigi lingual, adalah kawat gigi yang pemasangannya di gigi bagian dalam, jadi jika memakainya tidak akan terlihat oleh orang lain. Kawat gigi keramik, yaitu behel yang berbahan dasar keramik.

Sementara kawat gigi self ligating, yaitu kawat gigi permanen yang paling nyaman digunakan sebab pergerakan kawat giginya berbeda jadi tidak menimbulkan sakit. Itu adalah beberapa tampilan behel perawatan. Untuk behel fashion, yang banyak digunakan oleh orang-orang adalah sejenis behel metal, namun tidak bertujuan untuk merapikan. Jenis yang sedang trend saat ini yaitu behel thailand yang karet giginya model memanjang.

3. Cara Merawat behel

Untuk cara merawatnya, behel perawatan ataupun behel fashion hampir sama. Perawatan yang paling dasar yaitu dengan menggosok gigi dengan sikat gigi khusus berbulu halus minimal dua kali sehari untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di gigi. Pengguna juga bisa membersihkan sela gigi menggunakan dental floss. Namun untuk behel perawatan, pengguna harus kontrol pada dokter setiap dua bulan sekali untuk pembersihan lebih lanjut.

Untuk menyikat gigi yang berbehel sangat disarankan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, dan menyikat gigi dengan arah memutar. Pengguna juga bisa merawat kesehatan gigi dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Sangat disarankan pengguna tidak memakan snack dan minuman dengan kandungan gula berlebih. Yang terakhir dari cara merawat behel fashion dan perawatan yaitu kumur dengan mouthwash setiap sehabis makan..

Baca Juga : Berapa Lama Detox Natura Beauty Spray? Ini Penjelasannya

4. Efek yang Ditimbulkan dari Pemakaian Behel

Penggunaan behel pada gigi pastilah akan menimbulkan rasa tidak nyaman, baik itu behel yang bertujuan merapikan ataupun behel dengan tujuan fashion semata. Jika tidak dirawat dengan rajin, pemakaian behel akan menimbulkan banyak masalah mulut. Seperti peradangan pada gusi, bau mulut, perubahan warna pada gigi, dan lain sebagainya. Pemakaian ini pun tidak dapat menghindari nyeri pada bagian mulut, karena adanya rasa mengganjal yang disebabkan oleh pemakaian behel.

Untuk membersihkan gigi pun tidak semudah pada saat tidak menggunakan behel. Karena adanya sesuatu yang dipasangkan pada gigi, jelas saja pengguna akan menyikat gigi secara perlahan dan teliti. Untuk efek setelah pemakaian pun pengguna harus menyesuaikan kembali perasaan kehilangan sesuatu dari area mulut yang disebabkan behel sudah tidak lagi ada di gigi.

Baca Juga : Awas Jangan Salah Pilih! Berikut Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Sensitif Secara Tepat

Itu tadi adalah beberapa perbedaan behel fashion dan perawatan yang patut dipahami oleh orang-orang yang ingin menggunakan behel ataupun yang sudah memakai behel. Dengan mengetahui hal dasar tersebut diharapkan untuk para calon pengguna dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, seperti rasa menyesal setelah pemakaian ataupun infeksi bagian mulut karena tidak mengerti cara merawat behel dengan baik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.