Beginilah Urutan Pemakaian Make Up Sehari hari yang Baik dan Benar

2 min read

Urutan Pemakaian Make Up Sehari Hari

Make up merupakan sarana yang penting untuk menunjang penampilan pemakainya. Kelebihan-kelebihan pada garis wajah akan dapat semakin ditonjolkan menggunakan make up. Tak hanya itu, kekurangan pun bisa tertutupi. Karena itulah kaum wanita dan bahkan pria seringkali menggunakan make up. Berikut adalah urutan pemakaian make up sehari hari agar wajah dapat terlihat flawless:

Urutan Pemakaian Make Up Sehari Hari

urutan pemakaian make up sehari hari

1. Mencuci Muka

Urutan pemakaian make up sehari hari yang pertama harus dilakukan adalah mencuci muka. Hal ini sangat penting agar make up nantinya bisa teraplikasikan dengan baik di wajah. Selain itu, dengan mencuci muka, kotoran akan terangkat sehingga wajah akan terhindar dari jerawat. Tak hanya sebelum memakai make up, penting pula untuk menghapus sisa make up dari wajah sampai bersih setelahnya.

Agar wajah dapat bersih secara optimal, gunakanlah sabun cuci muka atau facial scrub yang cocok dengan kulit. Kemudian usapkan secara lembut menggunakan tangan atau kain halus. Lalu basuhlah sabun dengan air hangat agar kulit tidak rusak. Dalam keadaan terdesak yang tidak memungkinkan untuk mencuci muka dengan benar, bisa digunakan micellar water untuk menjaga kebersihan wajah.

Baca Juga :Rekomendasi Produk Spray Wajah untuk Make Up Tahan Lama, Dibawah 50 Ribu

2. Menggunakan Pelembab

Agar make up dapat dipoleskan dengan maksimal di wajah, perlu digunakan pelembab. Pelembab juga berfungsi untuk melindungi kulit agar tidak rusak, kering, dan berjerawat serta tetap terhidrasi. Pilihlah pelembab sesuai dengan kondisi kulit. Sebagai contoh, pemilik kulit berminyak harus memilih pelembab ringan yang oil-free.

Cara penggunaan pelembab cukup dengan mengusapkannya ke seluruh bagian wajah hingga merata. Pelembab juga perlu diaplikasikan pada leher. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih tiga menit. Make up tidak boleh digunakan segera setelah pelembab dipakai. Jika sudah tiga menit, barulah tahapan make up berikutnya bisa dilakukan.

3. Menggunakan Concealer

Setelah memakai pelembab, urutan pemakaian make up sehari hari yang harus dilakukan adalah menggunakan concealer. Concealer sangat berguna untuk menutupi kekurangan pada wajah seperti lingkar hitam di bawah mata, bintik, dan bekas jerawat. Pilihlah warna concealer yang sesuai dengan kelemahan pada wajah dan warna foundation yang digunakan.

Sebenarnya masih ada perdebatan apakah sebaiknya menggunakan concealer atau foundation terlebih dahulu. Namun, umumnya concealer digunakan terlebih dahulu untuk menutupi lingkar hitam di bawah mata. Sedangkan foundation cocok dipakai dahulu untuk menutupi jerawat pada kulit wajah.

Baca Juga : Efek Samping Scarlett Whitening yang Palsu

4. Menggunakan Foundation

Selain concealer, foundation juga berperan penting untuk menutup noda agar wajah terlihat lebih sempurna sekaligus membuat warna kulit lebih cerah. Pilihlah warna foundation yang tepat sesuai tingkat kecerahan kulit agar hasil warnanya tidak aneh. Kemudian usapkan dengan halus di wajah dan leher dengan sponge.

Hasilnya, foundation membuat make up bertahan lebih lama walaupun terkesan berat. Jika ingin make up yang terlihat natural, pilihlah foundation cair atau BB Cream. Setelah dibubuhi foundation dengan warna tertentu, wajah juga dapat diberi efek shading dengan menambahkan foundation yang berwarna lebih gelap. Wajah bisa dibuat berbentuk oval menggunakan shading tersebut agar lebih cantik.

5. Mengaplikasikan Make Up Pada Wajah, Mata, Hidung, dan Bibir

Agar penampilan sempurna, langkah terakhir adalah dengan memoles seluruh wajah dengan make up. Pakailah bedak padat atau tabur secara merata di wajah dan leher, lalu bubuhi dengan blush on. Pilih warna blush on yang cocok dengan kulit wajah, agar pipi terlihat bersemu namun tegas dan berkelas. Highlighter juga bisa dimanfaatkan agar bagian-bagian wajah terlihat glowing.

Untuk mempercantik mata, dapat digunakan eyeshadow dengan warna-warna yang cocok dengan wajah. Eyeliner juga bisa diaplikasikan untuk mempertegas fitur mata, namun jangan terlalu tebal. Agar semakin lengkap, gunakan maskara untuk memperlentik bulu mata dan pensil alis untuk menggambar alis. Lipstik dan lipbalm juga penting dipakai agar bibir tidak kering dan tetap terlihat segar.

Baca Juga :Cara Aplikasi Make Up untuk Kulit Sensitif agar Tahan Lama

Urutan pemakaian make up sehari hari memang harus diperhatikan dengan seksama dan tidak asal-asalan. Hal ini agar wajah terlihat sungguh menarik. Jika seseorang berpenampilan atraktif, orang lain pasti akan senang memandangnya. Kepercayaan diri pun bisa meningkat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.